Print

Tingkatkan Kompetensi SDM Iptek Dalam Menyongsong Pembangunan Nasional

Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Hammam Riza bersama Ikatan Alumni Program Beasiswa Habibie (IABIE) melakukan silaturahim di kediaman Presiden RI ke 3 B.J Habibie, di Jakarta (14/5).

Dikesempatan tersebut, Presiden RI ke 3 menyampaikan gagasannya tentang semangat membangun industri, dengan muatan teknologi tinggilah yang akan menjadikan bangsa ini maju.

B.J Habibie berharap lulusan program pengembangan SDM ini mampu menghasilkan inovasi teknologi.

BPPT yang mampu secara signifikan memberikan kontribusi Iptek bagi perekonomian nasional melalui peningkatan daya saing menuju kemandirian teknologi industri yang berat tantangannya pada era Revolusi Industri 4.0 saat ini.

Dikesempatan yang sama, Kepala BPPT Hammam Riza menyampaikan terobosan BPPT dalam smart SDM.

Dikatakannya, bahwa dalam mewujudkan birokrat berkinerja tinggi adalah program Reformasi Birokrasi 2020-2024. Untuk itu peningkatan kompetensi dan pelaksanaan tugas belajar menjadi fokus BPPT agar di tahun 2024 komposisi lulusan S2 mencapai 40% dan S3 berjumlah15% dari jumlah pegawai, ujar Hammam.

Menurut Hammam, peningkatan kompetensi dan kualitas SDM BPPT melalui pendidikan dan pelatihan sangat penting. Hal ini sebagai bagian dari penyiapan SDM unggulan dalam mengawal masterplan pembangunan nasional.

Untuk mencapai komposisi tersebut tidaklah mudah, mengingat sekitar 50% dari jumlah pegawai berusia diatas 46 tahun, akan tetapi penerimaan  382 CPNS baru di tahun 2018 dan 2019 membuka asa bahwa target tersebut bisa dikejar, sebut Hammam.

Karenanya, generasi muda kita harus punya kesempatan untuk mendapatkan pendidikan yang baik, sama seperti yang didapatkan di beasiswa Habibie seperti dulu.

Perencanaan pengembangan SDM iptek juga harus mengacu pada tugas dan fungsi BPPT dalam merumuskan kebijakan teknologi, pengkajian dan penerapan teknologi maupun tata kelola pemerintahan yg baik, tutup Hammam. (Humas/HMP)