• 021 316 9534
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

BPPT Raih Juara 2 di Ajang Kearsipan ANRI Award

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Raih Juara 2 Unit Kearsipan Kategori Lembaga Pemerintah Non Kementerian Terbaik Nasional, pada Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Award 2019.

Plt. Sekretaris Utama BPPT Gatot Dwianto menerima secara langsung penghargaan yang diberikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Syafruddin, di Makassar, Kamis,(25/04).

Usai menerima penghargaan, Gatot mengatakan ini adalah peningkatan prestasi BPPT yang serius dan fokus dibidang kearsipan.

" Tahun lalu, BPPT mendapat Juara 3. Dan di tahun ini, teman-teman arsip berhasil menunjukkan keseriusan bukan hanya mempertahankan, tapi justru meningkatkan prestasi dengan meraih juara 2. Saya harap BPPT tidak lantas puas, perlu ada target yang lebih tinggi lagi dengan meningkatkan sistem kearsipan yang semakin informatif, terstruktur, rapih, dan memiliki keamanan yang semakin baik".

Salah satu yang menjadi keberhasilan peningkatan prestasi ini disebut Kepala biro Umum Guntur Haryanto karena saat ini BPPT menerapkan teknologi Digital Signature pada aplikasi surat menyurat, yang mana teknologi ini juga sudah digunakan pada penandatanganan ijazah di luar negeri.

"Arsip BPPT saat ini menerapkan teknologi Digital Signature, di mana penelusuran informasi dapat dilakukan dengan cepat, hanya dengan satu menit. Selain itu, dari segi keamanan seperti keaslian sebuah dokumen, sudah cukup baik", ujarnya.

Sementara itu, dalam sambutannya Menteri PAN-RB Syafruddin menyebut kegiatan ini merupakan momentum refleksi untuk pembenahan pengelolaan arsip pemerintahan yang sistematis dan informatif dengan sudah harus menerapkan teknologi yang baik.

"Arsip bukan catatan histori. Tapi unsur utama integral dalam upaya keseluruhan membangun negara yang modern. Untuk itu, Penerapan e goverment bukan pilihan, tapi kewajiban. SPBE Kearsipan perlu menyajikan berbagai solusi kebijakan publik secara cepat", ujarnya.

Di tempat yang sama, Kepala ANRI Mustari Irawan mengatakan Arsip harus meningkatkan kinerja yang otentik, terpercaya, handal, mengedepankan keselamatan aset nasional serta pelayanan publik, dan mewujudkan sinergitas dan komitmen bersama antar instansi pemerintah.

Sebagai informasi, ANRI Award merupakan rangkaian acara dalam memperingati hari ulang tahun Arsip Nasional RI, yang saat ini ini genap 48 tahun dengan mengambil tema Arsip Merajut Keberagaman.


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9534
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2019 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT