Tel: (021) 316 9534   Email: humas@bppt.go.id

Tingkatkan Layanan Kependudukan, BPPT Gagas Identitas Elektronik (e-ID) Multiguna (I)

 
 
Pemerintah terus berbenah dalam peningkatan layanan kepada publik, salah satunya dalam hal data kependudukan. Dikatakan Kepala BPPT dalam Rakornas Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Makassar, Kamis (07/02/2019) bahwa pihaknya bekerjasama dengan Ditjen Dukcapil Kemendagri, tengah melakukan pengembangan lebih lanjut dari  KTP elektronik (KTP-el).
 
 
"e-ID adalah suatu metode pembuktian identitas seseorang secara elektronik. Secara prinsip, e-ID ini akan lebih luas pemanfaatannya dari pada KTP-EL," jelasnya.
 
 
Saat ini disebut Kepala BPPT, Indonesia tengah memasuki tahapan penggunaan KTP-EL Multiguna dengan berbagai kesempatan untuk memasukkan data-data lain ke dalam KTP-EL. Tahapan berikutnya adalah pengembangan mobile e-ID di mana masyarakat akan dapat mengakses layanan – layanan pemerintah maupun swasta dengan menggunakan identitas asli dirinya dari mana saja dia berada. 
 
 
"Saat ini era nya aplikasi layanan masyarakat yang dapat diakses melalui PC atau smartphone. Sehingga dengan adanya e-Id nanti, seseorang yang menggunakan fitur layanan publik baik di android maupun IOS, dapat diketahui identitasnya," tuturnya.   
 
 
Ditekankan juga olehnya bahwa e-Id ini penting untuk menjaga keamanan di dunia maya. Seperti diketahui, di dunia internet, sangat mudah untuk membuat identitas palsu. Seorang bisa membuat akun email, akun Facebook, akun Instagram dan akun Media sosial lainnya dengan menggunakan identitas yang berbeda-beda. Dengan e-ID ini, maka layanan publik akan mendapatkan kepastian tentang identitas individu yang meminta layanannya. 
 
 
"Tentunya hal ini juga dapat mendukung program pemerintah, untuk menangkal Hoax," ujarnya.
 
 
Oleh karenanya sangatlah tepat jika Ditjen Dukcapil mulai memberikan layanan-layanan publiknya melalui teknologi digital ini, dan teknologi mobile. Sehingga hal ini mendukung juga cita Presiden Republik Indonesia, bahwa Pemerintah selalu dekat dengan masyarakat, selalu ada kapan saja, di mana saja masyarakat membutuhkan. 
 
 
"Hal ini dapat terlaksana dengan bantuan internet, aplikasi mobile dan pengamanan yang baik. BPPT dengan Solid, Speed dan Smart, tentu akan terus mendukung Ditjen Dukcapil untuk melaksanakan visi “Dukcapil Go Digital”  ini," katanya. (Humas/HMP)

 

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 9534

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id