Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

BPPT Innovation Award 2018 Diraih Ahli Stem Cell Indonesia dan PT Pindad (II)

 

Jakarta, (02/08) -- Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) terus berupaya mendorong pemanfaatan inovasi teknologi untuk pembangunan nasional. Hal ini diwujudkan salah satunya dengan memberi apresiasi berupa penghargaan teknologi terhadap anak bangsa yang berjibaku dalam kaji terap inovasi yang memiliki dampak positif bagi kemandirian bangsa.

 

 

 

Kepala BPPT, Unggul Priyanto menuturkan bahwa Penghargaan BPPT Innovation Award (BIA), ditujukan untuk menjadi pendorong dan pe-motivasi agar inovasi dapat lebih meningkatkan karyanya dan menjadi panutan bagi setiap insan teknologi.

 

 

 

 

 

Penganugerahan BPPT Innovation Award tahun ini merupakan lembaran sejarah baru bagi BPPT, karena diberikan untuk pertama kalinya. Setiap tahun BPPT memberikan penghargaan atau Award kepada putera/puteri terbaik Indonesia yang telah memberikan kontribusi besar terhadap kemajuan bangsa dan negara melalui karya nyata, khususnya  di bidang teknologi.” papar Kepala BPPT dalam acara yang digelar di Kantor BPPT, Jakarta, Kamis (02/08/2018).

 

 

 

Lebih lanjut Kepala BPPT merinci bahwa penganugerahan BPPT Innovation Award Tahun 2018 kategori perorangan diberikan kepada Dr. dr. Ismail Hadisoebroto Dilogo, Sp.OT(K) untuk karya nyatanya di bidang inovasi teknologi kesehatan. Sedangkan untuk kategori perusahaan, BPPT Innovation Award diberikan kepada PT. PINDAD (Persero) yang telah berhasil mengembangkan di bidang teknologi pertahanan  dan keamanan.

 

 

 

Ahlinya Stem Cell

 

 

 

Usai menerima penganugerahan ini, Dr dr Ismail Hadisoebroto Dilogo, SpOT(K) mengungkapkan bahwa dirinya telah menggeluti stem cell atau sel punca sejak tahun 2004. Sebagai alternatif dan solusi baru, pengobatan sel punca atau sel induk (sel nenek moyang) yang mampu memperbanyak diri menuju sel yang dituju, menjadi harapan untuk pengobatan masa depan.

 

 

 

“Untuk stem cell atau sel punca ini, Indonesia juga menjadi salah satu inisiator. Negara maju pun seperti kita, masih mengembangkan metode pengobatan sel punca ini,”  katanya.

 

 

 

Dituturkan pria kelahiran Januari 1969 ini, ia fokus pada pemanfaatan sel punca (stem cell) di bidang orthopaedi. Ismail mencontohkan, saat menemukan sel yang hancur, sel induk bertransplantasi, melakukan regenerasi dan menggantikan sel yang hilang. Begitu pula untuk penyakit degeneratif seperti pengapuran sendi lutut, dengan stem cell mampu memperbaharui sel yang telah haus tersebut.

 

"Terapi stem cell kini sudah riset klinis. Jika hasilnya sudah bagus akan ditetapkan organisasi profesi, dibuat standar treatment, diakui Kementerian Kesehatan (Kemkes) lalu pengobatannya bisa ditanggung BPJS atau asuransi kesehatan.

 

 

 

PT PINDAD Jagonya Produk Hankam

 

 

 

Sementara untuk kategori perusahaan, PT Pindad dinobatkan sebagai pemenang BIA 2018  yang dianggap telah berhasil mengembangkan inovasi di bidang teknologi pertahanan dan keamanan.

 

 

 

Direktur Utama Pindad, Abraham Mose mengatakan penghargaan ini merupakan prestasi yang membanggakan bagi Pindad.

 

 

 

“Sebuah perjalanan panjang Pindad dalam menuju kemandirian teknologi berkat inovasi yang dilakukan oleh karyawan dan engineer Pindad,” kisahnya.

 

 

 

Abraham menjelaskan,produk inovasi yang berhasil dihasilkan antara lain, Senapan Serbu, Pistol G2 Premium, Senjata Sniper (SPR) 1 hingga 4. Menurutnya produk sniper hasil inovasi ini cukup membanggakan karena senjata sniper kita sudah digunakan oleh TNI AD.

 

 

 

“Ini merupakan kebanggaan bagi kami, namun kami masih perlu arahan, bimbingan dan koreksi dari semua pihak agar hasil inovasi Pindad akan lebih baik lagi" tutupnya.

 

 

 

Usai memberi penghargaan inipun Kepala BPPT, kembali menekankan bahwa BPPT berupaya mendorong pemanfaatan inovasi teknologi untuk pembangunan nasional. Untuk itu, dirinya mengapresiasi para pemenang untuk terus berkarya yang terbaik untuk pembangunan nasional.

 

 

 

Kami ucapkan selamat kepada para penerima penghargaan BPPT Innovation Award  Tahun 2018, semoga penghargaan ini dapat semakin memotivasi dan memicu semangat untuk terus mengembangkan diri dalam menghasilkan karya nyata, khususnya di bidang  teknologi. Dan semoga dengan pemberian BPPT Innovation Award makin memperbanyak tumbuhnya inovasi anak bangsa lainnya,” tegas Kepala BPPT. (Humas/HMP)

 

 

 

 

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id