• 021 316 9534
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

3 Tahun Kerja Bersama, BPPT Luncurkan Implan Tulang Produksi Lokal

 

Inovasi tanpa henti terus dilakukan oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) . Bertepatan dengan 3 Tahun Kabinet Kerja (23/10), BPPT melalui Pusat Teknologi Material BPPT meluncurkan inovasi produk Implan Tulang traumatik berbahan SS 316 L.

 

Deputi Bidang Teknologi Informasi Energi dan Material BPPT, Hammam Riza mengatakan bahwa implan tulang ini telah mendapat izin edar dari Kementerian Kesehatan RI.

 

"Dengan begitu maka implan tulang ini juga siap untuk di produksi massal oleh salah satu industri lokal mitra BPPT, yakni PT Zenith Allmart Precisindo," kata Hammam dalam acara peluncuran produk alat kesehatan implan tulang traumatik berbahan stainless steel 316L, di Surabaya.

 

Lebih lanjut diutarakan Hammam selama ini bahan baku peralatan medis dipenuhi dari impor, yang tentu menyedot biaya besar.

 

"Kita harus mandiri, untuk bahan tulang implan sudah berhasil kita kembangkan dengan menggunakan bahan lokal," ujar Hammam.

 

Menurut Hammam, inovasi ini harus didukung oleh pemangku kepentingan sebagai wujud keseriusan pemerintah pada percepatan kemandirian dan daya saing industri obat dan alat kesehatan dalam negeri.

 

"Inovasi implan tulang ini jelas memiliki TKDN tinggi. Sesuai arahan Pak Presiden yang meminta agar Indonesia bisa mandiri dan mengedepankan unsur TKDN," ungkapnya.

 

Implan lokal inipun disebut Hammam juga memiliki tujuan agar biaya dalam pengobatan yang berhubungan dengan hal "trauma"  atau kondisi yang menyebabkan tulang patah, biayanya dapat lebih terjangkau oleh masyarakat.

 

Hammam juga menguraikan pada uji produksi massal 500 implan di industri, mampu mereduksi harga implan hingga 70 persen dari harga implan tulang import.

 

"Produksi alat kesehatan berbasis bahan baku lokal diproduksi dengan biaya yang efisien. Dan tentunya tulang implan bahan baku lokal ini telah memenuhi persyaratan izin edar. Sehingga produk yang beredar mampu mengantikan produk impor," pungkasnya. (Humas/HMP)


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9534
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2019 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT