• 021 316 9534
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Komisi VII DPR Dukung Penguatan Inovasi Balai Keramik Kreatif BPPT di Bali 


Kepala BPPT Hammam Riza menerima Kunjungan Kerja Spesifik Komisi VII DPR RI yang diketuai oleh Alex Noerdin ke Balai Teknologi Industri Kreatif Keramik (BTIKK) BPPT, Bali, Jumat (31/01).

 

Kunjungan kerja parlemen ini dilakukan untuk melihat potensi industri kreatif di BTIKK BPPT, dan bagaimana memperluas cakupan inovasi dan layanan teknologi, dengan meningkatkan sarana dan prasarana.

 

Hammam Riza mengungkapkan BTIKK BPPT memiliki nilai-nilai inovasi berdasarkan ke-khasan lokal Bali, seperti kerajinan keramik yg mendunia.

 

"Kita tingkatkan nilai jualnya menggunakan teknologi, sehingga hasil akhirnya bisa bersaing di pasar luar negeri. Ini merupakan potensi besar untuk bersaing dengan raksasa porselain, seperti buatan Tiongkok," terang Hammam.

 

Dirinya pun menekankan pentingnya menerapkan innovation driven economy dalam upaya mencapai target Indonesia untuk menjadi lima besar gross domestic product (GDP) dunia pada tahun 2045.

 

"Inovasi juga harus diterapkan pada industri kreatif di Bali ini. Untuk tetap dapat bersaing, kita harus berinovasi, dimulai dari riset kebutuhan pasar, riset produk, teknik dan lini produksi, hingga pemasaran harus kita update, mengikuti tren yang sedang berkembang," detil Hammam.

 

Untuk menghadapi tantangan tersebut, Hammam berencana mengembangkan industri kreatif di BTIKK BPPT, dengan memperluas cakupan inovasi dan layanan teknologi. Selama ini masih berpusat pada kerajinan keramik.

 

 "Kita akan merambah industri fashion, software, coding, bahkan komponen industri 4.0, seperti Internet of Thing dan Big Data. Sehingga BTIKK BPPT mampu melahirkan technopreneur (start-up berbasiskan teknologi)," paparnya.

 

Semoga dengan Kunjungan Kerja Spesifik Komisi VII DPR RI ke BTIKK BPPT ini bisa menambah pemahaman mengenai inovasi dan layanan teknologi yang kami miliki, dan juga memberikan kami masukan serta saran mengenai kebutuhan yang dibutuhkan masyarakat.

 

"Kami yakin dengan dukungan dan nasihat dari Komisi VII DPR RI akan menjadikan BPPT lebih kuat lagi dalam menjalankan perannya, dan juga membantu menjadikan inovasi teknologi sebagai penghela pertumbuhan ekonomi Indonesia," harap Kepala BPPT.

 

Menanggapi Hammam, Ketua Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi VII DPR RI, Alex Noerdin, berbangga bisa hadir di salah satu balai teknologi yang dimiliki oleh BPPT.

 

"Kami kagum dengan pemikiran besar Almarhum Eyang Habibie yang menggagas lahirnya industri kreatif keramik di Bali sejak 38 tahun yang lalu," terang Alex.

 

Usai mendengarkan paparan dari Kepala BPPT, Alex menyebut bahwa BTIKK BPPT menanggung beban yang cukup besar untuk menjalankan fungsi innovation driven economy.

 

"Saya setuju dengan Kepala BPPT, balai ini perlu diperluas cakupan layanannya, dan ditingkatkan teknologinya. Terlebih saat ini balai ini menjadi favorit perajin keramik di Bali untuk mendapatkan bahan baku tanah liat yang berkualitas," ujar Alex kala Rombongan Komisi VII DPR RI meninjau proses produksi kerajinan keramik.

 

Dirinya berpesan, selama teknologi tersebut mampu mengangkat ekonomi masyarakat secara langsung, kami di DPR RI siap mem-back up dan support.

 

"BTIKK BPPT ini langsung bersentuhan dengan masyarakat Bali, khususnya perajin industri keramik dan para pelajar, serta mahasiswa. Kami siap mendukung untuk memajukan balai ini," pungkas Alex. (Humas/HMP)

 

Tag:

PKT, BTIKK, Komisi VII DPR RI, Hammam Riza, Alex Noerdin


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung B.J. Habibie Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9534
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2020 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT