• 021 316 9534
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Perkuat Peran, BPPT Adakan Sosialisasi LSP Auditor Teknologi

 

Hari ini kita sosialisasikan mengenai Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) auditor teknologi BPPT kepada seluruh kepala unit dan juga diserahkan 16 sertifikat yang sudah kita proses beberapa bulan lalu kepada 16 auditor teknologi yang sudah tersertifikasi, kata Deputi Bidang Pusat Kebijakan Teknologi (PKT) BPPT Gatot Dwianto pada acara Sosialisasi LSP Auditor Teknologi BPPT di Aula Gedung Pusat Inovasi dan Bisnis Teknologi BPPT, Puspiptek Serpong (14/08).

 

 

Dikatakan Gatot, dengan sudah tersertifikasi, auditor teknologi BPPT akan terstandar. Laporan yang dibuat secara audit itu terstandar yang sudah ditetapkan BNSP dan ini penting buat kita bahwa hasil audit kita mengikuti standar yang sudah ditetapkan BNSP, jelas Gatot.

 

Sementara Direktur Pusat Sistem Audit Teknologi Arwanto menyampaikan,  lembaga sertifikasi auditor teknologi adalah suatu lembaga yang sangat penting untuk memperkuat peran BPPT. 

 

Menurutnya, dalam Perka 84 tahun 2017, BPPT sudah menetapkan enam peran BPPT salah satu nya audit teknologi, ini dipandang perlu guna meperkuat tenaga-tenaga audit teknologi di lingkungan BPPT. Oleh karena itu lembaga sertifikasi profesi audit teknologi sangat penting untuk berfungsi sebagai motor lahirmya auditor teknologi di BPPT, ungkap Arwanto.

 

Disamping itu tambah Arwanto, LSP auditor BPPT juga akan berperan melakukan proses sertifikasi tidak hanya di BPPT tapi juga di jejaring BPPT baik itu di lembaga penelitian, kementerian maupun perguruan tinggi.

 

Lembaga sertifikasi profesi auditor teknologi ini adalah lembaga yang akan melahirkan auditor teknologi tersertifikasi berstandar nasional dan bahkan diakui oleh internasional atas dasar lisensi atau sertifikat dari BNSP.  Saat ini sudah ada 16 auditor teknologi dan  target kita tahun ini kita lakukan proses seretifikasi sebanyak 50 orang, kata Arwanto.

 

Dikesempatan yang sama Kepala Biro Hukum, Kerjasama dan Humas Ardi Matutu menyambut gembira sosialisasi ini karena ini sosialisasi salah satu tentang peran BPPT yaitu audit teknologi, sesuai dengan Kepres 103 tahun 2001 salah satu wewenang BPPT rekomendasi teknologi dan melaksanakan audit teknologi dan BPPT sekarang lebih fokus ke azas legalisasi.

 

Mudah-mudahan hal ini akan dikuti oleh unit-unit yang menjadi PIC dari beberapa peran yang ada di BPPT. Ada dua peran yang berjalan dengan bagus di BPPT yaitu peran kerekayasaan dan peran audit teknologi masih ada empat peran lagi yang harus di dorong sehingga mempunyai azas legalisasi ada peraturan yang mengaturnya sehingga tidak ada masalah dikemudian hari, tutup Ardi. (Humas/HMP)          


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung B.J. Habibie Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9534
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2020 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT