Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

KEGIATAN PENGECORAN KOMPONEN ENGINE RUSNAS OLEH PUSAT TEKNOLOGI MATERIAL BEKERJASAMA DENGAN PT. ADHI METAL GOSINDO

Engine RUSNAS adalah engine aluminium paduan 2 silinder berkapasitas 500cc hasil pengembangan dari kegiatan RUSNAS dan merupakan gasoline engine pertama buatan lokal. Saat ini Engine RUSNAS akan memasuki trial production tahap kedua, dimana Engine akan diproduksi dalam jumlah tetap tiap bulan.

Untuk mendukung kegiatan trial production engine RUSNAS, pada 4 Mei 2009, Unit kerja Pusat Teknologi Material bekerjasama dengan PT Adhi Metal Gosindo telah melakuan pengecoran cylinder head dan beberapa komponen non-ferrous lainnya seperti oil pan, strainer dan lain-lain di Cikupa Tangerang.

Proses pengecoran tersebut terdiri dari tiga tahapan, tahapan pertama adalah pembuatan cetakan dengan melakukan pencampuran antara pasir silika dan cairan yang disebut water glass dengan menggunakan mixer selama lima menit, kemudian dibentuk cetakan-cetakan. Untuk mengeraskan cetakan-cetakan tadi digunakan CO2. Selanjutnya tahapan kedua yaitu peleburan logam non ferro, dimulai dari pukul 04.00 pagi kompor atau furnish dari peleburan logam telah dioperasikan. ±10 jam kemudian logam sudah mencair dengan suhu ±750oC. Dalam cairan logam tersebut terdapat kotoran yaitu fluxing yang berkisar 0,1-0,15% dari berat logam yang akan dilebur, setelah itu dilakukan degassing dengan tujuan untuk membuang gas-gas yang terdapat pada cairan logam selama 1jam dengan memasukkan gas nitrogen.

Kemudian diakhiri dengan penuangan logam cair ke cetakan pada suhu ±750oC. 15 menit kemudian dapat diperoleh hasil pengecoran tersebut, namun hasil tersebut masih perlu dilakukan finishing dengan melakukan pemotongan bagian yang tidak diperlukan dan penghalusan permukaan. Setelah itu dilakukan dye penetrant dan hidrostatik dengan tujuan untuk quality control. Komponen-komponen yang lulus uji akan dibawa ke Tegal untuk memasuki tahap pengerjaan selanjutnya yakni pemesinan dan assembling dengan komponen lainnya menjadi engine RUSNAS 500cc yang siap diaplikasikan.(BS/Humas)
FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id