449
Hits

BRIN Terima Kunjungan Fakultas MIPA Militer Universitas Pertahanan.

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menerima kunjungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Militer Universitas Pertahanan di Kawasan Sains dan Teknologi Puspiptek Serpong, Kamis (19/05). Dalam kunjungannya, Fakultas MIPA Militer Unhan membawai 53 mahasiswa yang berasal dari program studi fisika dan matematika

Kepala Organisasi Riset Nanoteknologi Material, Prof. Dr. Ratno Nuryadi, B.Sci, M.Eng menyambut hangat rekan-rekan mahasiswa Unhan Dirinya menyebut bahwa BRIN sangat membutuhkan kolaborasi dengan para mitra khususnya dari perguruan tinggi

“Sesuai dengan arahan Kepala BRIN, adanya program open platform infrastruktur riset seperti laboratorium dan peralatannya akan dapat dipergunakan oleh seluruh mitra BRIN”, ungkap Ratno.

Lebih lanjut, Prof Ratno menekankan bahwa dalam mempergunakan program open platform infrastruktur riset, mitra yang terdiri dari akademisi, dosen, mahasiswa, pelaku usaha, pelaku industri dapat bekerja sama dengan para periset BRIN, sehingga program tersebut dapat dimaksimalkan sebaik mungkin dan menghasilkan output riset yang produktif.

Sementara Dekan FMIPA Militer Unhan Dr. Ir. Ence Darmo Jaya Supena, M.Si, menyambut baik program open platform riset dari BRIN. Dirinya berharap mahasiswa Unhan dapat memanfaatkan fasilitas ini sehingga dapat meningkatkan kemampuan mereka secara langsung di dunia kerja.

Ence menyebutkan maksud dan tujuan kunjungan mahasiswa prodi fisika dan matematika ke Puspiptek ini adalah untuk memperkenalkan para kadet mahasiswa unhan dengan dunia kerja terutama yang keterkaitan dengan riset yang memiliki korelasi dengan industri pertahanan. 

Selain itu, kunjungan kali ini pun ditujukan untuk melakukan benchmarking pembangunan dan pengelolaan laboratorium yang akan dikembangkan oleh Unhan

“Kunjungan ini sekaligus menjadi kesempatan bagi kami yang belum memiliki fasilitas riset yang mumpuni untuk melaksanakan praktikum. Sejauh ini praktikum FMIPA militer masih bergantung kepada fasilitas milik IPB dan UI. Kedepannya, kami harapkan dapat memberikan timbal balik yang positif dalam melaksanakan riset dengan para periset BRIN”, ujar Ence.

 

Setelah mendapatkan paparan dari para periset BRIN, mahasiswa kemudian diarahkan untuk mengunjungi fasilitas riset BRIN yang terdapat pada Pusat Riset Elektronika, Pusat Riset Fisika Kuantum, serta Pusat Riset Teknologi Pengujian Standarisasi. (Rvld_hms S2, ed:SAS)