5221
Hits

Penuhi Kebutuhan Daging Sapi Nasional, BPPT Dukung Percepatan Program Integrasi Sawit Sapi

 

 

Dikatakan Soni, pada tahun 2017 total konsumsi daging sapi Indonesia sekitar 720.225 ton, dengan perhitungan bahwa jumlah penduduk sebesar 261.900.000 orang dan konsumsi daging sapi sebesar 2,75 kg/kapita/tahun. 

 

Dilain pihak menurut Soni, produksi daging sapi dalam negeri hanya mencapai 437.300 ton. Oleh karena itu untuk menutup kebutuhan daging sapi harus diimpor sebesar 282.925 ton.  Untuk itu setidaknya Indonesia harus mengimpor sebanyak 707.000 ekor sapi bakalan atau setara dengan produksi 141.463 ton daging sapi.

 

Oleh karena itu perlu upaya untuk meningkatkan produksi daging sapi di dalam negeri, program pengembangan integrasi sawit sapi merupakan salah satunya untuk mengatasi hal tersebut, jelas Soni.    

 

Soni berharap dari FGD ini dapat tersusun konsep kebijakan percepatan program integrasi sawit-sapi serta penyempurnaan forum komunikasi pelaku integrasi sawit-sapi sehingga setiap lembaga dapat secara aktif berkontribusi bersama sesuai dengan tugas pokok, posisi dan fungsi masing-masing guna mendukung percepatan program integrasi sawit-sapi dalam mendukung swasembada protein nasional.

 

FGD ini juga dihadiri oleh berbagai stakeholder para ahli dari berbgai bidang dan pemangku kepentingan terkait. (Humas/HMP)