5941
Hits

Kepala BPPT: Pendidikan Harus Ciptakan Peradaban yang Tinggi di Indonesia

Administrator
09 May 2014
Layanan Info Publik


"Tujuan pendidikan adalah membangun manusia yang seutuhnya. Jadi, tidak hanya menguasai Iptek saja, namun harus dibarengi dengan iman dan takwa. Tujuan itu harus bisa dicantumkan pada materi dan kisi-kisi pendidikan itu sendiri dan harus dicermati. Dunia pendidikan harus terus dievaluasi, karena bisa jadi sistem pendidikan yang ada sudah tidak sesuai," kata Marzan.

Marzan berharap seharusnya pendidikan di Indonesia harus bisa menjawab tuntutan pembangunan bangsa yang bisa membuat negara ini memiliki peradaban yang tinggi, baik dari sisi ekonomi, budaya, dan kepribadian.

"Intinya, pendidikan Iptek, lapangan pekerjaan, dan industri harus memiliki keterkaitan satu sama lain. Selain itu, untuk membangun Indonesia juga harus didukung oleh inovasi, dan pendidikan harus memberikan dukungan untuk itu," ujar Marzan.

Senada dengan Marzan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan pendidikan bukan hanya untuk menyelesaikan atau menjawab persoalan teknis semata, melainkan untuk membangun peradaban yang unggul.

"Dalam meningkatkan mutu pendidikan, pemerintah telah menggencarkan pendidikan dan pelatihan guru berkelanjutan, rehabilitasi sekolah rusak, dan penerapan Kurikulum 2013. Tahun ajaran 2014/2015 merupakan momentum untuk meningkatkan kapasitas dan profesionalisme guru, kepala sekolah, dan pengawas selain juga merupakan momentum menata sistem perbukuan pelajaran," kata M Nuh, dikutip dari situs Setkab.go.id.

Selain itu, tambah M Nuh, di Kurikulum 2013 berisi upaya untuk membekali anak didik dengan kompetensi utuh, sikap, pengetahuan, dan keterampilan menuju generasi emas yang kreatif, inovatif, produktif, dan bangga menjadi bangsa Indonesia. 

"Itu semua dilakukan agar tercipta "Pendidikan untuk Peradaban Indonesia yang Unggul" yang juga menjadi tema pada Hardiknas 2014," tutup M Nuh. (tw/SYRA/Humas)