12495
Hits

CIPTAKAN SDM BERKUALITAS DAN MAMPU BERSAING DENGAN IPTEK

Administrator
21 Mar 2011
Layanan Info Publik

Melihat kondisi demikian, dalam paparannya yang bertema The Role of Technology Institutions in Human Resources Development, Marzan yang juga merupakan Kepala Bidang Pengembangan Iptek Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) menegaskan bahwa sebenarnya SDM yang unggul sangat menjamin lembaga teknologi dapat berkinerja lebih baik.

Selanjutnya, Ia menyampaikan bahwa di sebuah lembaga teknologi tentu saja dilakukan beberapa pembinaan SDM agar dapat memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan lembaga tersebut. ‚Diantaranya, kompetensi teknologi sebagai ajang untuk mempertajam keahlian dan kepakaran dari SDM, serta melalui pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi dari sisi pengetahuan, jelasnya.

Sementara itu berbicara mengenai inovasi, menurutnya lembaga teknologi harus dapat menyediakan fasilitas dan atmosfer agar SDM dapat mengembangkan pemikiran-pemikiran inovasi, tetapi tetap pada koridor yang menjadi visi dan misi dari lembaga teknologi tersebut. ‚Jaringan, juga sangat penting peranannya karena lembaga teknologi tidak bisa berkembang pada lingkungan yang terisolasi. Selain itu, wawasan, karier dan kesejahteraan juga penting sebab apabila tidak terjamin, SDM pasti akan mencari tempat bekerja yang lebih baik dari sisi jaminan kesejahteraan‚ jelasnya.

‚Salah satu indikator penting dari kinerja suatu lembaga teknologi adalah Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Di tahun 2010 BPPT sudah memiliki 41 paten yang mendapat sertifikat, inilah jumlah paten terbanyak yang dimiliki lembaga penelitian untuk ukuran institusi‚ katanya.

Sesuai dengan misi BPPT dan hasil kinerja SDM BPPT, ada beberapa capaian yang telah diraih di tahun 2010 lalu dalam rangka meningkatkan daya saing industri serta mendukung kemandirian bangsa dan meningkatkan pelayanan publik. Diantaranya membangun pabrik turbin uap di Indonesia, mengembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) skala kecil kapasitas <5MW dengan menerapkan teknologi condensing turbine dan binarycycle serta merekomendasikan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) untuk membangun database kependudukan yang dilengkapi dengan sidik jari dan chip.

Insan Cendekia Summit 2011 dengan tema Elevating Education, Into Execellence, dilaksanakan dalam rangka memperingati 15 tahun Insan Cendekia. Acara nasional ini mengangkat permasalahan pendidikan yang ditujukan sebagai ajang pemantapan visi dan misi para pendidik dan pemikir pendidikan di Indonesia untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam dan luas mengenai keseimbangan Iptek dan Imtak di dalam dunia pendidikan. Rangakaian acara juga dilengkapi dengan penayangan video dari Presiden ke-3 RI, BJ. Habibie, yang menjelaskan sejarah singkat berdirinya SMP/SMU Insan Cendekia atas prakarsanya.

Dalam tayangan video tersebut, pencetus konsep cendekia turut menyampaikan pesan kepada para alumni yang hadir. ‚ICMI sebagai pusat keunggulan pendidikan dengan label yang excellence, telah mempunyai tugas untuk melahirkan SDM terbarukan dimana saja khususnya di Indonesia. SDM yang menjadi harapan dan andalan di masa depan dengan kualitas tinggi dalam imtak dan penguasaan iptek yang mampu mengaktualisasikannya di masyarakat‚ ungkapnya. (KYRAS/humas)