• 021 316 9534
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

BPPT ARAHKAN INOVASI TEKNOLOGI DAERAH

JAKARTA (Suara Karya): Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) ke depan mengarahkan kegiatan pada inovasi daerah guna pemanfaatan potensi besar pengelolaan sumber daya alam (SDA) dan mengatasi masalah kemiskinan.

"BPPT menyadari melimpahnya berbagai potensi daerah, sebab itu program BPPT diarahkan pada inovasi daerah, inovasi teknologi apa yang menjadi kebutuhan daerah," kata Kepala BPPT Marzan Azis Iskandar pada acara "Catatan Akhir Tahun 2012" di Jakarta, baru-baru ini.

Menurut Marzan, peningkatan kegiatan teknologi dan inovasi ke daerah itu bertujuan agar daerah menjadi tempat penciptaan teknologi guna menyerap tenaga kerja dan mengurangi kemiskinan srta meningkatkan daya saing dan kesejahteraan masyarakat di daerah.

"Selama ini teknologi dan inovasi kerap hanya mempertimbangkan kota besar. Daerah tidak masuk pada mindset, padahal potensinya sangat besar, baik untuk pengelolaan sumber daya yang benar maupun penyerapan tenaga kerja," ujarnya.

Marzan mengatakan, pengembangan teknologi dan inovasi itu membutuhkan berbagai perangkat, seperti technopreneurship untuk menjamin keberlangsungan aplikasi teknologi. BPPT juga mendorong agar terobosan teknologi dapat menumbuhkan indusri dengan nilai tambah yang tinggi. "Industri itu bisa dikelola oleh swasta, negara, atau pemerintah daerah," ujarnya.

Terkait berbagai penelitian yang dilakukan BPPT, Marzan mengakui banyak kegiatan penelitian yang masih dalam proses harus dirampungkan dan sudah menjadi target pada 2013. Karena, sebagian atau 50 persen kegiatan penelitian yang masih berjalan harus segera rampung dan teknologi yang dihasilkan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

"Salah satu contohnya 'Perisalah' yang sudah dilisensi dan diproduksi oleh PT INTI harus kita lakukan penyempurnaan untuk aplikasi baru. Karena ada aplikasi cloud yang bisa dimanfaatkan untuk telepon seluler atau running text dan peningkatan kemampuan dialek bahasa dengan sedikit editing," tutur dia.

Sedangkan di bidang teknologi mitigasi bencana, BPPT membuat banyak teknologi peringatan dini tsunami, longsor, dan genangan air. Terkait peringatan dini tsunami, BPPT sedang mengembangkan alat deteksinya berupa buoy dengan dilengkapi kabel menggantikan buoy terapung. (Indra)

Sumber : http://www.suarakarya-online.com/news.html?id=317992


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9534
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2019 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT