• 021 316 9534
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

PENANGGULANGAN BANJIR JAKARTA HANYA BERSIFAT ADAPTIF

Penulis : Vini Mariyane Rosya

JAKARTA--MICOM: Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menilai penanggulangan banjir di DKI Jakarta selama ini masih bersifat adaptif.

Pemprov DKI belum menggariskan kebijakan bersifat mitigasi, baik struktual maupun nonstrutural. Warga seakan diminta membiasakan diri dengan banjir.


"Semua yang dilakukan, baik membuat kanal banjir timur (KBT), atau memindahkan warga bantaran sungai itu masih memakai pendekatan adaptif. Belum ada yang sifatnya mitigasi dan tata ruang, misalnya saja penguatan green building, pengurangan penebangan pohon, pendidikan masyakarat. Kan kalau airnya mengalir lancar tak mungkin banjir," ungkap Deputi Kepala BPPT Bidang Teknologi Pengembangan Sumber Daya Alam Ridwan Djamaluddin usai diskusi penanggulangan banjir di BPPT, Jumat (7/12).  

Pemerintah melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menerapkan empat strategi penanggulangan banjir.  

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho memaparkan strategi tersebut antara lain menjauhkan bencana dari masyarakat melalui pembangunan tanggul, kanal, maupun waduk. Kedua, menjauhkan masyarakat dari banjir dengan relokasi.  

"Ketiga menghargai kearifan lokal. Terakhir jika memang banjir itu tak bisa lagi dihindari ya hidup harmoni dengan risiko bencana. Warga kampung melayu itu begitu hujan mereka sudah meletakkan perabortan di atas, jadi bawahnya kosong," paparnya.  

Wakil Kepala Dinas Pekerjaan Umum Tarjuki mengakui kebijakan mitigasi tak mudah diterapkan di Jakarta. Ia mencontohkan tingginya kesulitan relokasi untuk penghijauan bantaran kali.

"Di Jakarta pembebasan tanah satu meter saja bisa satu tahun. Harga dari Rp1 juta  mereka minta Rp60 juta. Ada rumah di Pesanggrahan berkali-kali dinegoisasi karena ahli warisnya banyak. Kesulitan-kesulitan lapangan ini yang kadang tidak terdeteksi para ahli," ucapnya. (Vni/OL-9)

Sumber : http://www.mediaindonesia.com/read/2012/12/12/368498/38/5/Penanggulangan-Banjir-Jakarta-Hanya-Bersifat-Adaptif


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9534
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2019 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT