5976
Hits

Tingkatkan Efektifitas dan Produktifitas Melalui Transformasi Digital

Administrator
02 Sep 2020
Layanan Info Publik

Sumber daya manusia dan pola pikir merupakan tantangan terbesar bagi pemerintah dan dunia usaha Indonesia di era milenial untuk dapat berkolaborasi menghadapi transformasi digital. Tranformasi digital pun mengacu pada proses dan strategi menggunakan teknologi digital secara drastis yang dapat mengubah proses bisnis dan dalam meningkatkan pelayanan, kata Kepala BPPT Hammam Riza di acara Webinar dengan tema Transformasi Digital & Sumber Daya Manusia, Siapkah Kita? (01/09)

 

Setiap organisasi baik pemerintahan, industri, perusahaan, akademisi, komunitas dan lainnya semakin bergantung pada data dan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) guna meningkatkan efektifitas dan produktifitas. Saat ini kebutuhan transformasi digital sangatlah diperlukan sebagai salah satu upaya dalam mencegah penyebaran Covid-19 agar tidak meluas, ujarnya.

 

Tranformasi digital tidak hanya bergantung pada teknologi yang tepat, akan tetapi juga dibutuhkan adanya dukungan budaya yang tepat, SDM yang mampu serta proses yang tepat. Tranformasi teknologi yang sukses menurut Hammam, merupakan perjalanan keseluruhan perusahaan yang melibatkan pegawai dengan meningkatkan keterampilan internal, mengadaptasi struktur dan cara kerja terbaik serta menciptakan tim yang dapat memaksimalkan teknologi baru. Ini juga merupakan tantangan terkait kualitas sumber daya manusia, jelas Hammam.

 

Revolusi industri 4.0 merupakan upaya transformasi dengan mengintergasikan dunia online dan lini produksi di industri dengan proses otomasi. Selain itu, juga penting didalam melakukan transformasi digital adalah leadership guna dapat merubah paradigma pelayanannya, pungkasnya.

 

Sementara, Ketua Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Syah Kuala Banda Aceh Taufik Fuadi Abidin menyampaikan, tranformasi digital saat ini merupakan suatu keharusan terutama dalam hal SDM yang harus semakin berkerja keras.

 

Menurutnya, dengan melahirkan SDM yang unggul dan mampu menguasai transformasi digital yang begitu masifnya dunia digital melingkupi kehidupan modern, maka tidak ada pilihan bagi setiap orang untuk beradaptasi memasuki kehidupan digital.

 

Manajemen SDM dalam konteks kehidupan digital dituntut untuk meluaskan cakrawala untuk menjadi pemimpin dan pendorong dalam proses transformasi digital seperti di dalam organisasi secara keseluruhan, jelas Taufik.

 

Diharapkan melalui webinar ini, kedepan bisa medorong perubahan bangsa Indonesia guna bisa bergerak kedepan lebih baik bersama-sama dengan kualitas sumber daya manusia yang berdaya saing. (Humas BPPT)