11434
Hits

Gelar TTG 2018, Hadirkan Teknologi Tepat Guna Unggulan

Administrator
25 Oct 2018
Kebijakan Teknologi

 

Dipaparkan oleh Perekayasa Pusat Teknologi Kawasan Spesifik dan Sistem Inovasi (PTKSSI) BPPT, Priyono yang menjadi salah satu juri dalam gelaran tersebut bahwa hasil penilaian terhadap Teknologi Tepat Guna (TTG) Unggulan dan stand terbaik terhadap peserta Gelar TTG adalah untuk TTG unggulan, Juara 1 diraih Alat Pencuci Lada (Bangka Belitung), Juara 2, Mesin Roasting Kopi (Bengkulu), juara 3, Alat pengupas dan Pemipil Jagung (Sulawesi Tenggara).

 

Sementara untuk Juara harapan 1 Alat Pembasmi Serangga / Trap Insect (Jawa Timur), Juara Harapan 2, alat Pakan Ikan (Jawa Barat) dan Juara Harapan 3, Inovasi Alat Pengusir Burung Sawah Aeromodeling (Sumatera Selatan). 

 

“Untuk stand terbaik 1 diraih oleh Jawa Timur, juara 2, Jawa Tengah, Juara 3, Kalimantan Utara, Juara Harapan 1 Banten, Juara Harapan 2 provinsi Bali dan Juara Harapan 3 diraih oleh provinsi Riau,” rincinya melalui surat elektronik, Kamis (25/10). 

 

Sebagai informasi tim penjurian Gelar TTG yang mengangkat tema "Melalui Inovasi dan Teknologi Tepat Guna, Kita Wujudkan Desa yang Maju, Mandiri, dan Sejahtera Sesuai Kearifan Lokal" ini berasal dari Kementerian Perindustrian, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, serta dua orang dari BPPT adalah Sadono Srihardjo (Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan) dan Priyono (Pusat Teknologi Kawasan Spesifik dan Sistem Inovasi). 

 

Penyelenggaraan Gelar TTG inipun dikolaborasikan dengan kegiatan Temu Karya Nasional dan Pekan Inovasi Perkembangan Desa & Kelurahan (PINDesKel) dari kementerian Dalam Negeri  yang diikuti oleh 34 provinsi di seluruh Indonesia, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi, Kementerian Ristekdikti,  Kementerian Perindustrian, perguruan tinggi dan beberapa lembaga penelitian dan pengembangan. (Humas/HMP/ptkssi)