5864
Hits

BPPT Hadirkan Teknologi Penambangan Emas Tanpa Merkuri

 

Dadan mengatakan pihaknya, sangat mendukung sekali apa yang di Instruksikan oleh Presiden terhadap pelarangan penggunaan merkuri pada pertambangan rakyat dan itu segera dijalankan, salah satunya adalah dengan solusi teknologi. Terkait dengah Instruksi Presiden, disamping menghentikan tambang rakyat juga harus ada solusinya atau dengan kata lain ada proses pengalihan mata pencaharian yakni melalui solusi teknologi yang menjadi bagian penting, papar Dadan.

 

Dadan menjelaskan akan memberikan rekomendasi teknologi pengolahan berdasarkan karakteristik dari tipe emas yang dihasilkan tambang rakyat. Menurutnya kita harus bisa membedakan tipe edapan emasnya, ada tipe sekunder dan tipe primer ini sangat penting untuk memilih teknologi yang tepat dan itu harus disadari pengolahan dengan merkuri efesiensinya hanya 50% dengan metode yang BPPT kembangkan bisa diatas 80% dari sisi ekonominya nanti akan menjadi lebih tinggi.

 

Rekomendasi lain adalah tata kelola atau tata niaga harus diawasi dengan ketat. “Perlu pengawasan tata kelola penggunaan merkuri”, tutur Dadan.

 

Mengenai konsep inovasi yang dihadirkan BPPT Dadan menjelaskan, kita harus melihat dulu karakteristik tipe endapan emas pertama tipe endapan emas sekunder karena tipe ini secara alamiah sudah terpisahkan secara fisik ukuran butirnya kasar, yang kita rekomendasikan adalah menggunakan pemisahan secara gravitasi karena emas mempunyai masa jenis yang jauh lebih besar dari batuan yang dibawanya sehingga nanti akan terpisahkan secara gravitasi.

 

Sementara itu yang  BPPT lakukan menurut Dadan adalah dengan membuat  desain proses peralatan dan proses desain pengolahan setelah itu emas diekstraksi. Lebih lanjut, yang tidak kalah penting dilakukan BPPT adalah melakukan pengolahan dampaknya secara tereintegrasi dalam satu reaktor, umumnya kalau tambang rakyat buang langsung dan itu ada limbahnya. Sebelum dibuang ke tempat penampungan harus di treatmen serta didestruksi zat kimianya dan BPPT sudah bisa lakukan itu dalam hitungan jam itu sudah bisa aman limbahnya dibuang ketempat penampungan, papar Dadan.

 

Dengan adanya teknologi tersebut Dadan berharap tambang rakyat tidak lagi menggunakan merkuri dan penggunaan merkuri sudah bisa terukur. Selain itu, dampak lingkungan dan kesehatan bisa dikurangi karena itu yang penting dalam pengembangan teknologi tersebut.

 

BPPT siap mendukung optimalsiasi tambang emas tanpa merkuri, tambang emas rakyat yang menggunakan merkuri melalui teknologi dan edukasi. BPPT juga terus mendukung arahan Presiden stop penambangan emas dengan menggunakan merkuri, tutup Dadan. (Humas/HMP)