Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

Kepala BPPT: Inovasi dan Layanan Teknologi BPPT, Siap Dukung Agenda Nawacita dan Pemerataan Pembangunan Nasional

 

Medan, (8/03), bppt.go.id - Deputi Teknologi Informasi Energi dan Material (TIEM) BPPT gelar Rapat Kerja (Raker) Tahun 2017. Adapun Raker ini bertajuk, "Melalui Penajaman Sasaran Program dan Kegiatan, Kita Tingkatkan Peran Deputi TIEM Guna Meningkatkan Daya Saing dan Kemandirian Bangsa. 

 

Kepala BPPT Unggul Priyanto, saat memberikan arahan, mengatakan bahwa Tahun 2017 ini merupakan momentum bagi BPPT untuk lebih menunjukkan eksistensi dan peran dalam pembangunan nasional.

 

"Kepada Deputi TIEM dan seluruh jajaran, saya minta agar terus meningkatkan capaian inovasi dan layanan teknologi, khususnya dalam mendukung Agenda Nawacita Pemerintah RI,"  tegasnya.

 

Inovasi dan layanan teknologi, disebut Unggul merupakan kontribusi nyata BPPT dalam mendorong peningkatan daya saing Indonesia. 

 

Ditegaskan kembali oleh Unggul, inovasi dan layanan teknologi yang menjadi tugas pokok dan fungsi Deputi TIEM, harus diterapkan secara optimal. Menurutnya, produk inovasi dan layanan teknologi Deputi TIEM, sangat erat hubungannya dengan kemandirian industri nasional, khususnya guna meningkatkan unsur Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN).

 

"Produk inovasi TIEM seperti implan tulang berbahan lokal dan rubber air bag untuk lifting kapal, tentu memberi dampak positif bagi pembangunan nasional. Capaian inovasi ini juga telah dimanfaatkan oleh industri nasional, juga mendapat apresiasi positif dari Menristek Dikti, saat melakukan kunjungan kerja ke Surabaya, akhir Februari lalu," papar Unggul.

 

Terkait layanan teknologi dikatakan Unggul kemudian, Deputi TIEM juga mesti  meningkatkan unsur kemitraan, terutama dengan Kementerian/Lembaga, industri dalam negeri, serta pemerintah pusat dan daerah.

 

"Layanan teknologi yang dilakukan Deputi TIEM, sifatnya strategis. Mulai dari Audit Energi, kaji terap energi baru terbarukan, serta mendukung layanan pemerintah berbasis elektronik. Untuk itu, saya minta kepada seluruh jajaran Deputi TIEM harus memberikan pelayanan  prima kepada seluruh mitra BPPT," tuturnya.

 

Menanggapi arahan Kepala BPPT, Deputi TIEM BPPT, Hammam Riza mengatakan bahwa kerjasama penerapan inovasi dan layanan teknologi, menjadi prioritas utama. Bahkan kata Hammam, alasan Raker TIEM ini diselenggarakan di Kota Medan, adalah untuk mendekatkan BPPT dengan salah satu mitra kerja yang akan melakukan penandatanganan kerjasama, yakni Kabupaten Batubara.

 

"Kami di Deputi TIEM BPPT siap untuk melakukan kerjasama penerapan inovasi dan layanan teknologi baik dengan Kementerian/Lembaga, industri serta pemerintah pusat dan daerah,"  kata Hammam.

 

Sebagai informasi, pada pelaksanaan Raker TIEM Tahun 2017 ini, juga dilakukan enam penandatanganan kerjasama, yakni satu buah penandatanganan MoU (Nota Kesepakatan Bersama), empat Perjanjian Kerjasama (PKS) dan satu kontrak kerja dengan para mitra. 

 

Dengan adanya rangkaian kerjasama ini, Hammam lantas berharap bahwa inovasi dan layanan teknologi BPPT dapat mendorong peningkatan daya saing indutri dan Bangsa Indonesia. "Semoga Deputi TIEM dapat terus memberi sumbangsih yang terbaik bagi tanah air tercinta," tutup Hammam. (Humas/HMP)

Ed. SP

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id