Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

Peran dan Ruang Lingkup

 


 

Intermediasi Teknologi

  • Memfasilitasi hubungan, keterkaitan, jejaring, kemitraan antara dua pihak atau lebih dalam rangka pemanfaatan hasil perekayasaan teknologi.
  • Memberikan akses bagi industri, instansi pusat / pemda dan masyarakat untuk memanfaatkan sumberdaya iptek dari BPPT atau lembaga iptek  lainnya dari dalam dan luar negeri.

 

Technology Clearing House

Melakukan “clearance test” bagi teknologi sebagai otoritas atau pendukung dalam menyatakan bahwa suatu teknologi “laik” atau tidak untuk diterapkan di Indonesia atau untuk konteks tertentu di Indonesia (misalnya berdasarkan tujuan perlindungan kepentingan masyarakat dan lingkungan hidup dari segi keselamatan, kesehatan, keamanan bagi manusia/masyarakat dan/atau kelestarian lingkungan hidup).

 

Pengkajian Teknologi

Melakukan studi multidimensi yang sistematis tentang suatu teknologi untuk menghasilkan pemahaman tentang tingkat kesiapan/kematangan suatu teknologi (TRL-technology readiness level), perkiraan nilai (value) dari suatu teknologi sebagai suatu asset intelektual (knowledge / intellectual asset) beserta peluang dan tantangan / risikonya, perkiraan dampak teknologi yang telah diterapkan / jika (yang akan) diterapkan, dan/atau implikasi strategi / kebijakan atau advis / rekomendasi kebijakan pada tataran organisasional ataupun publik.

 

Audit Teknologi

Melakukan suatu studi yang sistematis dengan prosedur legal terstandar untuk mengevaluasi, membandingkan dan/atau memeriksa suatu teknologi atau suatu penerapan teknologi terhadap (berdasarkan) standar atau ketentuan persyaratan/kriteria tertentu

 

Solusi Teknologi

  • Memberikan advis teknologi
  • Memfasilitasi atau mengimplementasikan penerapan teknologi
  • Memberikan pelayanan teknis di bidang teknologi
  • Melaksanakan pembinaan teknologi

 

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id