Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

Dukung Pembangunan Nasional Melalui Transportasi Untuk Konektifitas Dan Logistik Nasional

Isu sekarang adalah teknologi transportasi maritim dalam hal galangan kapal, data yang ada, kapal di Indonesia belum cukup untuk perairan Indonesia. Hal ini diharapkan dapat dibantu oleh para praktisi teknologi transportasi agar dapat bersaing secara teknis dalam teknologi transportasi maritim ini, demikian kata Deputi III Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Ridwan Djamaludin pada sesi ke dua acara Kongres Teknologi Nasional (KTN) 2017 yang diselenggarakan BPPT, di Jakarta (17/07).

 

 

Tujuan dari diselenggarakannya KTN 2017 ini adalah untuk memberikan Rekomendasi Teknologi yang diperlukan untuk memperkuat peran dan eksistensi teknologi dalam mendukung pengembangan industri nasional, peningkatan daya saing dan kemandirian bangsa, sesuai dengan program pemerintah yang tertuang dalam Program Nawacita dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahap III 2015 -2019.

 

Untuk Transportasi udara Ridwan menambahkan, dalam hal membangun industri pesawat terbang nasional, diharapkan para praktisi dibidang pesawat terbang untuk terlibat lebih. Sedangkan untuk aspek transportasi laut dirasakan masih kurang terutama masalah konektifitas antar pulau yang kurang secara potensial yakni bagaimana membuat rute jangka pendek antar pulau agar dapat membuka peluang praktisi galangan kapal untuk berpartisipasi membangun teknologi poros maritim. 

 

Sementara, Wismana Adi Suryabrata, Deputi Bidang Sarana dan Prasarana  Kementerian PPN/BAPPENAS mengatakan pembangunan itu targetnya adalah pembangunan ekonomi dengan penurunan tingkat penggangguran dan peningkatan pendapatan masyarakat. 

 

Insfrastruktur Indonesia menduduki pilar ke 60 negara di Asia. Sektor pertanian, pariwisata dan ekonomi merupakan salah satu penunjang dalam konektifitas nasional ini, papar Wismana.

 

Sedangkan Umiyatun Hayati Triastuti Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan menjelaskan bahwa prasarana dan sarana serta sumber daya manusia merupakan salah satu faktor kendala dalam hal transportasi udara dan laut khususnya untuk wilayah timur. “Pengembangan wilayah merupakan hal yang penting dalam konektifitas dan logistik transportasi”, jelas Umiyatun

 

Dalam komisi yang membahas teknologi transportasi hadir juga diantaranya Dirjen Bina Marga Kemenpupera Arie Setiadi Moerwanto Direktur Usaha Angkutan Barang dan tol laut PT Pelni Harry Boediarto Soewarto, Direktur Teknik dan Pemeliharaan PT.  Garuda Indonesia I Wayan Susena.(Humas/HMP)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id