Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

SIJAMPANG, Dukungan Teknologi Hadapi Musim Hujan

Memasuki penghujung tahun,  diperkirakan musim hujan akan segera tiba. Antisipasi akan adanya curah hujan yang berlebih seperti di awal tahun tentu perlu diantisipasi sedari dini. Dukungan teknologi tentu dapat diandalkan, masyarakat pun kini dapat mengetahui kapan dan dimana hujan terjadi dengan mengunjungi website yang berisikan informasi cuaca yang dinamakan Sijampang. SIjampang, atau panjangnya Sistem Informasi Hujan dan Genangan Berbasis Keruangan ini bisa diakses melalui alamat http://neonet.bppt.go.id/sijampang serta di akun Facebook http://bit.ly/fbsijampang serta  akun twitter infohujan.

 

 Menurut Swasetyo Yulianto, Koordinator Bidang Sistem Data dan Aplikasi, Nusantara Earth Observation Network (NEOnet) BPPT, Sijampang ini memberikan informasi terkait hujan di suatu tempat, sehingga kerap menjadi alat bantu bagi masyarakat dalam menghadapi datangnya hujan. “Untuk sementara, informasi yang tersedia masih untuk kawasan Jabodetabek hingga ke Bandung. Informasi yang disediakan bersifat near real time yang diperoleh dari data radar C-Bands milik BPPT yang ada di Puspiptek, Tangsel,” jelasnya kala diwawancara salah satu TV Swasta di Jakarta, (18/10).

Adapun pantauan kondisi hujan dengan memanfaatkan Radar Cuaca yang dikelola oleh BPPT ini mempunyai radius pantauan efektif 105 km, dengan kerapatan informasi per 500 meter. “Artinya adalah tiap titik berjarak 500 meter dalam radius pantauan Radar Cuaca akan diketahui kondisi curah hujannya,” jelas Swasetyo.

Diharapkan olehnya bahwa dengan informasi dalam bentuk spasial tersebut, makin memudahkan pengguna awam khususnya masyarakat, untuk melihat dan mengetahui dimana lokasi yang sedang terkena hujan, serta intensitas besar kecilnya hujan. “Jika hal itu sudah diketahui masyarakat, tentu mereka dapat merencanakan aktivitasnya dengan lebih baik serta dapat menghindari daerah yang hujannya lebat atau berpotensi banjir,” tutur Swasetyo.

Tentunya masyarakat diharapkan juga menjadi pengguna yang aktif. “Melalui akun facebook,dan Twitter Sijampang, tentu follower dapat memberikan informasi hujan lainnya. Hal ini tentu akan menambah manfaat Sijampang,” terangnya.

Jadi jelas bahwa Sijampang  bukanlah nama pendekar tradisional,   melainkan layanan sistem informasi hujan dan genangan berbasis keruangan buatan BPPT bagi masyarakat yang dapat diakses melalui media jejaring sosial.  Bahkan saat ini telah dirilis Siandro atau Sijampang for Android versi 0.7 beta yang dapat diunduh di http://bit.ly/siandroupdate. (SYRA/humas)

 

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id