LPNK

LAPTIAB (Laboratoria Pengembangan Teknologi Industri Agro dan Biomedika) kembali mendaftarkan bidang-bidangnya untuk mendapatkan akreditasi KAN (Komite Akreditasi Nasional). LAPTIAB, laboratorium terpadu Kedeputian Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi BPPT yang terletak di Komplek PUSPIPTEK ini, telah melalui proses asessmen KAN (24-25/01), yang terdiri dari berbagai institusi seperti PT Sucofindo-Cibitung, BBIA Bogor, Badan POM Jakarta, LPPT UGM Yogyakarta dan BATAN Serpong.

 

 

Untuk kali ini, bidang-bidang yang akan diakreditasikan oleh LAPTIAB adalah Bidang Farmasi, Bidang Produksi Pertanian dan Bidang Instrumen Medik. Sebelumnya, Bidang Pangan, Bidang Biokatalis dan Bidang Biologi Molekuler, telah lebih dulu mendapatkan akreditasi KAN.

Kegiatan uji asessment yang didukung penuh oleh Pusat Data Informasi dan Standarisasi BPPT ini, meliputi beberapa aspek. Untuk Bidang Pangan misalnya, yang di ujikan adalah uji senyawa isoflavon, uji antioksidan, uji mikrobiologi, uji aktifitas air, uji titik gelatinasi, uji indeks bias, putaran optik dan uji densitas. Sedangkan untuk Bidang Farmasi, uji kualitas kadar kurkumin, uji penentuan kualitas kadar etanol, uji penentuan distribusi ukuran nanopartikel, uji toksisitas akut dan uji sititoksisitas secara in-vitro, merupakan aspek-aspek yang diuji dalam proses asessment tersebut.

Sementara itu, pada Bidang Biologi Molekuler, pengujian terfokus pada uji identifikasi GMO, uji identifikasi 16SrDNA, uji bidang Produksi Pertanian, uji kualitas air dan air limbah dengan AAS. Lain halnya dengan Bidang Biokatalis yang melakukan uji terhadap aktifitas enzim, berat molekul protein, kuantitas protein, enzim protease, xilanase dan amilase. Bidang Instrumen Medik pun turut melakukan pengujian pada performa pencitraan scaner ultrasonografi.

Diperkirakan dalam waktu tiga bulan, Laboratorium terpadu yang mendukung kegiatan di Pusat Teknologi Produksi Pertanian, Pusat Teknologi Agroindustri, Pusat Teknologi Bioindustri dan Pusat Teknologi Farmasi dan Medika ini, akan dapat mengantongi sertifikat ISO 17025, sehingga cita-cita LAPTIAB nantinya sebagai world class laboratory bukan hanya impian. Demikian juga pelayanan sebagai laboratorium uji ke berbagai industri makanan dan minuman, industri farmasi dan kosmetik maupun industri yang terkait dengan proses bioteknologi serta pelayanan ke customer lainnya akan semakin baik dan mengikuti standar internasional. (tab/SYRA/humas)

Add comment


Security code
Refresh

Berbagi

FacebookTwitterLinkedinRSS Feed